HALLO SEMUA, 

Alhamdulillah menjelang  akhir tahun masih bisa menghasilkan  artikel lagi di blog kesayangan  ini. 

Baiklah, cerita kali ini aku akan mengajak teman teman semua untuk sama sama mengulik tentang salah satu usaha lokal yang bergerak dibidang kuliner khas Medan sekaligus bidang pariwisata juga dimana produk-produk toko ini wajib dijadikan oleh-oleh khas bolunya Medan bagi turis lokal maupun turis mancanegara yang berkungjung ke Medan.  Jika berkunjung ke Kota Medan, wajib mampir ke Bolu Toba Medan!.

YES, sesuai judulnya kali ini kak Zik diundang ke Soft Launching-nya  outlet terbaru Bolu Toba Medan yang kedua. Jujur ini adalah pertama kali kak Zik ke Bolu Toba Medan. Berhubung sekarang Covid meraja lela, maka acara soft launching ini tidak diadakan seperti acara resmi pada umumnya dikarenakan menghindari kerumunan, apalagi Medan masih dalam upaya menurunkan tingkat penularan virus COVID-19.


Soft Launching  Bolu Toba Medan di Merdeka Walk kali ini hanya mengadakan Promo Harga Rp 25.000,- untuk semua varian rasa dengan ketentuan jam tertentu dan informasi ini sudah ada diumumkan dibeberapa media social teman-teman blogger yang bekerja sama dengan Bolu Toba Medan. 

Seharusnya saya datang pada hari pertama pembukaan outlet ini yaitu pada tanggal 1 Des 2021, namun karena ada urusan penting saya terpaksa memilih hari Kedua untuk datang ke sini.


Bersama ummi saya dan teman blogger lain yaitu kak Melinda Sembiring, kita bersama sama datang dan sempat berpoto di beberapa spot andalan Bolu Toba Medan. Lokasi outlet ini benar –benar strategis sekali, dari penjuru manapun kita berdiri kita bisa melihat nama Bolu Toba Medan terpampang jelas dan tidak ada alasan untuk tidak singgah, gitulah kata orang Medan. 

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA BOLU TOBA

Usaha kuliner  ini sudah lama berdiri, kira-kira tahun 2018 membuka Toko pertamanya di Wahid Hashim. Sudah pasti sahabat pernah mendengar tentang produknya. Menjelang pembukaan resmi outlet pertama banyak sekali spanduk dan flyer yang disebar sampai kesudut kota Medan.   

Usaha kuliner khas Bolu Medan ini terus melejit naik dari awal berdiri hingga sukses membuka outlet kedua yang terletak dipusat  Kota Medan. Produk utama dari toko ini adalah bolu gulung dan bolu lembut dengan racikan resep berbeda sang juru masak dari toko bolu lainnya yang berada di Kota Medan.

CIRI KHAS BOLU TOBA MEDAN

Apa yang menjadikan toko ini berbeda dari yang lainnya? 

Banyak sekali tentunya, antara lain nama produk yang disematkan sesuai nama jalan dan daerah yang sangat familiar didengar oleh warga Medan. Bukan hanya warga Medan, bahkan yang pernah merantau ke Kota Medan pun familiar sekali dengan nama nama yang disematkan Bolu Toba pada produknya. 

Contohnya Pancing Hazel Nut nama Pancing itu berdasarkan nama lain dari jalan William Iskandar yaitu Jalan Pancing kebetulan daerah ini  adalah daerah pertama  saya tinggal di Kota Medan, siapa yang tidak tahu jalan Pancing? Apalagi yang pernah berkuliah di Kampus UNIMED dan Kampus UINSU. Semua pasti tahu. 

Selanjutnya, nama Titi Kuning, itu nama salah satu kelurahan di Medan Johor. Jadi keren sekali kalau toko ini menyematkan nama ini pada salah satu produknya.

Selanjutnya, Kampung Keling salah satu nama lain dari Kampung Madras, dengan luas 10 hektar. Kampung ini memang ditempati oleh warga berketurunan india. Keling itu menurut sebagian orang artinya hitam atau coklat gelap. Disebutk kampung keling karena  hamper sebagian penduduk dikampung ini berkulit hitam atau coklat gelap,  jadi disebutlah Kampung Keling meskipun sekarang ada juga penduduk yang berketurunan India yang berkulit cerah.  

Jangan merasa kecil hati dengan ucapan keling, karena diMedan memang rata-rata  ucapan mengatakan kulit gelap atau kulit yang menghitam karena matahari ya disebut keling bukan ejekan tapi sebutan yang sudah biasa dan lebih sopan daripada mengatakan hitam secara langsung.  Hehehe… karena saya juga pernah dipanggil keling saat kecil karena sering main panas disiang hari. 

Terakhir adalah Coklat Padang Bulan, nama bolu ini juga disematkan dari nama daerah di kota Medan. Daerah Padang Bulan adalah daerah disana terdapat Universitas nomor 1 kota Medan yaitu Universitas Sumatera Utara atau sering disebut Kampus USU. Daerah Padang Bulan hamper sama padatnya seperti daerah Jalan Pancing karena dipenuhi mahasiswa tempatan dan mahasiswa perantauan dari seluruh daerah di provinsi Sumatera Utara. 

Jadi, menurut  saya  Bolu TOBA medan sangat Pantas dijadikan bolu nomor 1 yang mengusung ciri Khas Kota Medan karena nama produknya saja sudah MEDAN Kali lah Pokoknya! 

Selanjutnya,  dari bentuk kemasannya juga berbeda tidak sama dengan bolu dari toko lainnya. Warna kemasannya juga lebih mengusung warna sederhana yaitu hitam dan putih tapi sangat apik dan unik untuk sebuah produk kuliner yang biasanya dibuat warna warni. Apalagi kalau kita tahu Medan terkenal dengan warna Kuningnya ciri khas Melayu Deli.

MENU TERBAIK DAN HARGA BOLU TOBA

Banyak sekali menu pilihan di Bolu Toba Medan. Harga bolunya juga masih terjangkau. Beberapa menu juga merupakan rekomendasi terbaik dari para konsumen, seperti Coklat Padang Bulan. Kalian juga harus cobain varian ini. 

Oh, Iya kali ini Bolu Toba Medan juga punya Varian Baru yaitu Red Velvet, Bolu Banana Keju dan Bolu Banana Coklat dan juga Bolu Gulung 3 Rasa Keju atau Greentea. 

Varian Bolu gulung 3 rasa ini menjadi pilihan terbaik dan terbanyak dicari oleh pencinta Bolu Toba Medan karena dapat menyediakan  3 rasa yang berbeda dalam 1 sajian dan pastinya rasanya enak banget.


TESTIMONI JUJUR

Kali ini saya berkesempatan mencicipi 2 varian rasa dari BOLU TOBA MEDAN, yaitu JAPARIS DURIAN  dan SPIKOE. Seharusnya saya memilih Red Velvet cake, namun karena Medan terkenal dengan duriannya saya pilih Varian ini. Keren sekali Bolu Toba Medan membuat varian ini, karena jujur varian durian ini  hanya sebagian orang menjadikannya bahan utama karena durian itu musiman dan tidak bisa disimpan lama jadi benar-benar hebat Bolu Toba Medan berani mengambil resiko itu. 

Selain itu ada juga varian Bolu Banana, tapi saat itu habis jadi saya pilih varian SPIKOE sebagai penggantinya.

Cuss kita review dulu varian bolu yang sudah saya icip-icip.

#JAPARIS DURIAN, pertama kali saya memilih varian ini saya sudah jatuh cinta dengan aromanya padahal waktu itu kotaknya saja belum dibuka. Jujur aromanya mengingatkan saya pada satu permen durian yang pernah saya makan di tahun 96 waktu kelas 1 SD. Hehehe..

Bulir-bulir kasar diatas bolu juga enak, seperti rasa kue semprit yang belum dibakar masih terasa aroma mentega,rasa manis dan lemak hanya saja berbentuk abstrak tapi saat dimakan duh enak dan mantap.  Saat Potongan pertama, Nyes! Ada krim durian asli woi.. enak, saya suka.. 

Potongan pertama tidak cukup 1, nagih rasanya. Saya sendiri habis 4 potong. Hahahaha

Untuk JAPARIS DURIAN hanya bertahan 12 jam disuhu ruangan, tapi bertahan maksimal 3 hari didalam kulkas dengan suhu dingin yang stabil. Kebetulan, saya kemarin sengaja membiarkan bolu ini bertahan sampai hari ketiga. 

Rasa bolu tidak ada yang berubah, namun rasa krim durian berubah menjadi asam jadi kalau dibayangkan seperti makan asam tempoyak berhubung asal kampung saya kutacane dan biasa makan asam tempoyak  apalagi dipadukan dengan  rasa bolu yang manis bagi saya rasanya tetap enak ,, karena rasa asam tersebut kalah oleh manisnya krim dan bulir-bulir abstrak diatas bolu ini. Mantaplah pokoknya . 

#SPIKOE, untuk bolu ini boleh saya katakana sedikit mirip aromanya dengan lapis legit. Aroma kayu manis dan spikoe itu bercampur dalam 1 paduan menjadi bolu ini. Bagian atas bolu ini berwarna cream dan bagian bawah berwarna coklat. Rasa bolu seperti biasa manis dan lembut. 

Topping atasnya saya suka, rasa manis daging bolu bisa berpadu dengan rasa asin dari krim keju dan parutan keju diatasnya. Saya cocok dengan rasa ini. Saya minta ibu saya untuk mencicipi juga beliau suka padahal beliau tidak doyan ngemil bolu. Toping coklat juga enak, tapi saya lebih suka toping keju. 

#BOLU GULUNG 3 RASA (Chocolate, Green Tea, Cappucino), kalau ini pantas banyak yang suka. Bolunya lembut dan padat . Krim dibagian dalam bolu juga tidak terlalu manis yang bisa bikin diabetes. Bolu ini mengusung konsep Bhineka Tunggal Ika ya, hehehe. Berbeda tapi satu tujuan, rasanya berbeda tapi membuat  yang menikmatinya bahagia karena rasanya Mantap. Sekotak ini habis dalam 1 hari. 

Tiga Varian diatas benar-benar cocok dilidah saya, biasanya dirumah kita bolu bisa bertahan beberapa, namun kali ini  kebetulan ada abang  dan adik serta 2 ponakan yang datang berkunjung kerumah. Mereka suka dengan 3 varian  bolu ini. Insyaallah akan beli lagi nanti varian yang berbeda. 

Khusus varian  BOLU GULUNG 3 RASA (Chocolate, Green Tea, Cappucino), saya rela datang kembali ke Bolu Toba Medan pada hari ke-3 soft Launching Bolu Toba Medan karena pada saat saya datang di hari kedua, varian ini sudah habis. Disana saya bertemu dengan beberapa teman blogger dan juga adik kak vivi salah satu blogger Sumut yang sudah pindah ke Bali.

Kebetulan di hari ketiga juga akan  ramai  pengunjung  yang antri untuk membeli dengan harga promo 25K jadi saya harus datang lebih awal dan sekalian deh jeprat-jepret buat kebutuhan artikel saya ini, bahkan kerumunan ki keramaian ini juga sempat mencuri perhatian Pak Pulisi yang sedang berpatroli berdekatan merdea Walk. Informasi soft Launching ini hampir semua pengunjung mengetahuinya  dari media social Instagram BOLU TOBA MEDAN di Instagram. Kalian bisa follow juga ya buat update informasi terbaru dari Bolu Toba Medan diakun ini.

ANGKUTAN UMUM KE BOLU TOBA MEDAN

Khusus outlet ini kita bisa menggunakan sarana transportasi umum Bus Trans Deli guys dengan rute Lapangan Merdeka dari tempat kalian yang ada jalur bus ini, informasi terakhir sampai akhir tahun 2021 Bus Trans Deli masih gratis cukup scan kartu non tunai tapi saldo kalian tidak terpotong ya guys. Jadi teman –teman yang berada dijalur lintasan Bus ini boleh dong singgah ke Bolu Toba Medan yah!.  Selain bus ini, ada juga angkutan lain seperti angkot, taxi, grab, maxim dan gojek yang bisa kalian gunakan tapi saya lebih merekomendasikan bus karena masih gratis . Hehehehehe

Hampir lupa, berhubung outlet ini masih baru jadi semua transaksi masih menggunakan uang cash dan belum bisa transaksi menggunakan kartu debit ataupun e-money.



ALAMAT DAN AKUN MEDIA SOSIAL BOLU TOBA MEDAN

#Outlet Pusat : Jl. KH. Wahid Hasyim No. 55 Medan, Indonesia 

#Outlet Cabang : Jl. Balai Kota No. 9 Kesawan 1 Kota Medan (Lapangan Merdeka sebelah Macdonald)

#Akun Media Sosial : Instagram @bolutobamedan


Selain berkunjung ke Outlet Pusat dan Outlet Cabang kalian juga bisa memesan by Online melalui aplikasi GOJEK atau Whatsapp Hotline : 0811-2444-605 

Cuss, pecinta bolu harus cobain dan bagi yang berkunjung ke Kota Medan Wajib bawa ini kembali ke kota asal. Kalau kalian hangout ke Merdeka Walk, kalian juga bisa Hang Outnya Bareng Bolu Toba Medan karena semua varian rasnya  cocok untuk  semua kalangan.  Jangan lupa tag akun media sosialnya juga ya setiap berkunjung ke sini .


Berikut video singkat saat saya berkunjung ke outlet Cabang Merdeka Walk.





30 Komentar

  1. wah ramai ya, aku gak sempat dth pas promo 1-3 Des tu. keknya harus pantengin lagi IGnya, moga ada promo lagi. btw aku suka titikuning cheese dan japaria durian. tapi semua rasa pun enak bgttt

    BalasHapus
  2. Kapan buka cabang di Depok nih.atau minimal Jabodetabek biar bisa nyobain

    BalasHapus
  3. Bolu Toba Medan toppingnya istimewa ya. Harganya juga afordable

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, lihat gambarnya aja udah mupeng dan ngiler, sayangnya nun jauh di Medan sana πŸ˜€ Semoga next bisa buka cabang di Malang 😊

    BalasHapus
  5. Bacaan yang menerbitkan rasa lapar nih. Thanks review nya kak

    BalasHapus
  6. Dari Nama kue dan variannya bener2 Medan banget yaa,..semoga suatu saat bisa mengunjungi Medan. aamiin.

    BalasHapus
  7. review nya dan gambarnya tertarik memcobanya tapi sayang belum ada di makassar cabang nya

    BalasHapus
  8. Jadi mupeng sama yang rasa durian dan red velvet nih. πŸ˜‹
    Durian kalau sampai ke Jawa sudah dalam bentuk pancake atau lempok. 😁
    Red velvet juga lagi hits. Dari cake sampai minuman, semua dikreasikan dengan varian rasa ini.

    BalasHapus
  9. Sudah lama pengen main ke Medan...heheh... dapat info ini.. sudah ada catatan oleh oleh yang akan di bawah pulang.. 🀭😁

    BalasHapus
  10. Wah menunya banyak pilihannya ya.

    BalasHapus
  11. Kuenya menarik banget, tapi jauh banget sama aku yang di Bandung. Semoga buka cabang di Bandung ya, amin

    BalasHapus
  12. Spikoe nya enak zik?
    Banyak temen-temen blogsum yang bilang enak.
    Tapi awak kurang suka kayu manis.
    Tapi karena semua minta spikoe pas acara yang lalu, awak jadi penasaran jugak

    BalasHapus
  13. temen ku yg dijakarta suka nanya2 ttg bolu toba medan ini kak. klo kemedan katanya mau icip2 bolu toba medan ini. krn katanya terkenal kali namanya di jkt sana.

    BalasHapus
  14. Bikin laper ni.. nanti kalu ke Medan kita singgah, dari Aceh ga jauh jauh kali la.. thank u ulasannya, keren

    BalasHapus
  15. lihat foto-fotonya dari kak zik jadi ngiler lgsg pengen otw ke bolu toba, kayaknya enak-enak bgt yaaa, bikin selera

    BalasHapus
  16. keren banget nama kuenya pake nama jalan di Medan 😍 bikin kuenya jd semakin lekat dgn Medan itu sendiri... semoga ada kesempatan nyoba bolu hits ini πŸ₯°

    BalasHapus
  17. wiiii di Malang ada ga ya hahaha topingnya melimpah gitu enak banget liatnya

    BalasHapus
  18. Eeeits, menggoda syekali ini. Kirim atuh ke Tabalong mbak! Hehe

    BalasHapus
  19. Menggoda sekali ....bisa order knline mba?

    BalasHapus
  20. Lengkap beuuut penjelasan tentang daerah Medan yang jadi inspirasi nama bolu Toba.
    Yang pasti yang matcha gak bisa dilupakan. Enaaakkk

    BalasHapus
  21. Wah perlu dicoba ini, biasanya kalau dariedan bawanya meranti sama bika ambon

    BalasHapus
  22. Baca Bolu Padang Bulan jadi inget novelnya Andrea Hirata yang berjudul Padang Bulan. πŸ˜… Btw, bolunya bikin ngiler.

    BalasHapus
  23. Aduh... pengen ngicip rasanya ini bolu.. bikin mupeng bangettt. Mesti rasanya enak.

    BalasHapus
  24. Kalo ngomongin Bolu Toba, anakku pasti ngertinya bolu yang toppingnya gak pelit. Melimpah ruah gitu dia. Yang paling kusukai itu yg coklat Padang Bulan sama spikoe kak

    BalasHapus
  25. Kue favorit aku nih kak Dika sayang kemarin gak bisa datang saat launching pasti banyak promo ya

    BalasHapus
  26. Bolu Toba ini memang enak banget. Aku suka sama Spikoe. Rasanya lembut. Cocok deh buat Oleh oleh khas Medan

    BalasHapus
  27. Sama nih saya suka bolu Toba Medan yang varian Japaris ini, rasanya gurih dan manis duriannya nampol banget, yg Spikoe nih belum coba, next mau beli lagi ah :)

    BalasHapus
  28. Kalau aku suka bolu tiga rasanya sama bolu red velvet rasanya lembut banget...untung sekarang udah ada di merdeka walk yaaa jadi gampang kalau lagi pingin.

    BalasHapus
  29. Kami kemaren kesana pas hujan dan udah ga terlalu ngantri, dan semua bolu tersedia.
    Enak banget red velvet nyaa

    BalasHapus
  30. H. G. A. H. G. A. H. G. A. H. G. A - Online Casinos λ©”λ¦¬νŠΈ 카지노 μ£Όμ†Œ λ©”λ¦¬νŠΈ 카지노 μ£Όμ†Œ rb88 rb88 604judi slot deposit dana - VNDOPBet

    BalasHapus