Hallo, halloo, hallooooo...😁

Masyaallah, sudah hampir setahun blog ini kosong melompong. Postingan terakhir saja tahun 2020. Setahun terakhir berbagai masalah menerpa jadi tidak ada mood untuk mengetik disini. 

Alhamdulillah kali ini diberikan Allah SWT kesempatan untuk saya mulai menulis lagi, terima kasih Allah atas umur yang berkah dan rezeki waktu yang lapang. 

Tanpa babibu, cuss to the point saja  kalau tulisan saya kali ini adalah menceritakan pengalaman pertama saya membeli kaca mata yang sempat viral ditahun lalu. Yes, kacamata yang mana lensanya bisa gelap kalau terkena cahaya matahari. 

Sesuai judul yang saya paparkan sebelumnya. Hari ini, tanggal 2 Nov 2021 saya menemani ibu saya untuk pergi ke  optik kaca mata yang berada di sebuah pusat perbelanjaan terkenal di kota kelahiran saya ini. Setelah hampir 2 tahun sejak COVID-19 hadir dikota Medan, ini adalah momen perdana saya kembali mengunjungi Mall.  

Saya dan ummi saya (panggilan ibu), kami berdua pergi ke optik ini atas rekomendasi dari adik saya. Suami Nida, adik ipar saya Nanda setahun lalu pernah membeli kaca mata di optik ini. Selain kacamata yang berkualitas, harganya juga terjangkau. Menurut mereka produk kacamata di optik ini berkualitas dan harganya juga terjangkau. 

Sore hari, usai ashar kami berdua langsung bergegas menuju optik tersebut. Pintu masuk utama dari jalan Gatot Subroto juga sudah bisa diakses. Sore itu area parkir dipenuhi dengan kendaraan roda dua. Aku menurunkan ummi disisi kiri pintu masuk area parkir mobil dan menenteng helm ungu buluk ummi lalu mencari posisi parkir yang dekat dengan counter parking

Kami berdua berjalan menepi diarea parkir mobil menuju pintu masuk. Ada untaian rantai kuning yang dipasang gunanya untuk membuat antrian agar lebih tertata rapi. Ada juga washtafel di sisi kiri pintu dan Thermometer Digital disisi kanan pintu. Dua orang satpam bertugas mengawasi pengunjung yang baru masuk. Sejak peraturan terbaru satpam yang bertugas berseragam layaknya pak polisi. Seragam mereka berwarna coklat. 

Saat masuk ke dalam mall, aroma bakery, aroma pakaian baru, sepatu baru  terasa menusuk hidung. Sudah lama sekali aroma ini tidak kuhidu hahhahaha. 2 tahun aslik gak pernah main ke mall. 

Kami berdua menaiki flat escalator menuju lantai 1, lalu melanjutkan perjalanan kami naik eskalator biasa menuju lantai 2. Area lantai 2 tidak terlalu luas hanya deretan toko baju, dan toko sepatu serta toko alat kesehatan, Kami berjalan menyusuri koridor utama, mencari cari optik yang ingin kami kunjungi. Beberapa saat berjalan,  namun tidak ada tanda tanda optik yang kami tuju. Kami terus berjalan sampai bertemu dengan salah seorang Cleaning Service mall, dari petugas itu kami tahu bahwa optik tersebut berada di lantai 1. 

Akhirnya kami turun kembali dari arah timur, dan mencari KFC restaurant yang ada dilantai 1. Menurut informasi kaka itu, optik tersebut berdekatan dengan KFC Restaurant. Di lantai 1, kami mengedarkan pandangan kami ke area sekeliling  ternyata bukan restoran yang KFC menjadi titik tumpuan akan tetapi restoran lain, yaitu restoran Papa Rich

Dari eskalator lantai 1 kami  hanya perlu berjalan sedikit, ke arah Restaurant Papa Rich lalu berhenti tepat di depan sisi kiri flat eskalator. Setelah itu belok kiri, berjalan 3 langkah dan belok kiri, yeaahhh!! akhirnya sampai di optik yang kami cari, yaitu OPTIK THAMRIN

Wah, ternyata disebelah Optik Thamrin ada optik lainnya yaitu Son Optik. Untuk kelebihan dan kekurangan masing masing optik saya tidak tahu, namun yang terlihat secara nyata masing-masing sama sama menawarkan discount yang menarik buat pengunjung, namun dari segi koleksi kaca mata yang stylish mungkin di Son Optik lebih banyak dibandingkan Optik Thamrin.

Optik Thamrin di Medan Fair Plaza ini ternyata merupakan anak cabang dari Optik Thamrin yang ada di jalan  Gatot Subroto, ini instagramnya yaa @optikthamrin_lt1 jika kalian ingin konsultasi atau tanya tanya. 

Oh, iya! ada juga tulian PROMO di standing banner yang ada didepan pintu masuk Optik Thamrin, dan juga ada tulisan yang dicetak tebal di dinding kaca mereka, tertulis dengan detail daftar harga untuk para pembeli. Menurut aku harga di optik ini cukup murah jika dibandingkan dengan optik lainnya. 

PEMERIKSAAN MATA

Pertama kali, sebelum memilih frame dan penentuan lensa. Pegawai yang bertugas memeriksa kondisi mata ummi. Kakak itu meminta ummi duduk dikursi yang ada alat cek mata. Setelah diperiksa, dilakukan tes baca teks secara jauh maupun dekat. Seperti biasa ada alat dan kertas yang selalu aku lihat di optik optik. Ternyata ada penambahan nilai minus pada mata ummi. 

MEMILIH FRAME KACA MATA DAN LENSA

Setelah itu, pegawai meminta ummi memilih beberapa frame di etalase mereka. Awalnya ummi memilih warna merah marun tetapi design penyangga hidung tidak sesuai selera ummi, sampai akhirya ummi memilih warna coklat dengan 2 lis berwarna silver di sisi kiri frame. Menurutku desainya mewah, meskipun harganya sangat murah tapi tidak murahan gaes.

Ummi setuju memilih frame itu dan untuk harganya karena kondisi mata ummi Plus minus maka harga kaca mata ini berbeda dari harga kacamata yang pernah dibeli Nanda adik iparku.

HARGA KACAMATA

Awalnya ummi memilih kacamata dengan model lensa biasa dengan  harga Rp. 190.000,- saja,  namun disela pembicaraan dengan pegawai optik, ummi malah berubah fikiran dan bertanya tentang kaca mata yang mampu menahan silau mata saat dibawah cahaya matahari dan kembali normal jika tidak ada cahaya matahari. Kami sekeluarga memang tidak bisa melihat  dengan baik jika dibawah terik matahari, mata kami pasti butuh kaca mata hitam/coklat untuk menghindari teriknya matahari. Mata kami akan berair jika berterusan dibawah terik matahari. 

Kakak pegawai faham dan mengatakan itu adalah kacamata jenis terbaru yang memang sedang digandrungi para pengguna kacamata. Biasanya di optik lain harganya mencapai jutaan.  

Nama kacamata  itu adalah Kacamata Photo Kromik, harganya Rp. 230.000,- .Wow, cukup menambahkan 40ribu saja ummi bisa mendapatkan kacamata multi fungsi itu. 

Akhirnya ummi memilih kacamata photo kromik tersebut dan sesuai informasi dari optik pusat kacamata tersebut akan selesai dalam waktu 4-7 hari. 


PENGAMBILAN KACA MATA PHOTO KROMIK

Setelah beberapa hari dari hari pemesanan, tepatnya pada tanggal 6 Nov pegawai optik menghubungi ummi dan meminta ummi untuk mengambil kacamata yang sudah selesai dibuat. Ummi senang sekali karena seminggu tidak bisa membaca al quran dengan baik tanpa bantuan kaca mata yang tepat. 


Sore hari, kami menjemput kaca mata tersebut. Setelah membayar lunas akhirnyua kaca mata dibawa pulang. Ummi senang sekali, dan kacamata ini benar benar bekerja sesuai harapan. Saat dipakai ummi hari Sabtunya, lensa kacamata ini berubah menjadi kehitaman. Keren teknologi lensa kaca mata sekarang. Kualitas kacamatanya gak kaleng kaleng. 

LOKASI OPTIK DAN NOMOR KONTAK 

Alamat Optik ini : 

Plaza Medan Fair Lt. 1 No 69

Alamat optik pusat :

Jalan Gatot Subroto No 149 Medan

Instagram : @optikthamringatsu / @optikthamrin_lt1

11 Komentar

  1. Udah lama ga ganti kacamata. Masih awet sih, cuma kayaknya lensa dah harus ganti. Btw, optik Thamrin ini kayaknya banyak ya cabangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaka..cus cus ganti baru kan mau masuk tahun baru ganti gaya dl 😍

      Hapus
  2. Murah banget pakai Potokromik. Itu serius? Soalnya aku pernah kena 400 ribuan lho di lain optik.

    Optik langgananku di Brayan. Kalau ada yang murah dan berkualitas gini, aku coba deh kesana. Lumayan kan murah dan bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah.. ku pun terkezut. Setidaknya lg pandemic gini dapat harga yg murah kan membantu bangey

      Hapus
  3. Optik Thamrin ini optik yang biasa ambil resep kalo kita pake BPJS ya zik?
    Btw sebaiknya ganti kaca mata tiap berapa lama sih zik?

    BalasHapus
  4. Ish pas kali infonya, bingkai kacamataku bermasalah cepat kali patah entah terlalu tebal lensanya atau bingkainya yang tipis, apa aku harus ke optik Thamrin gitu *eaaa

    BalasHapus
  5. Wuah foto kromik ya keren nih kak. Saya dulu juga mikirnya gini sih kalau beli kacamata, fotokromik atau blueray ya. Karena memang kayaknya lebih sering berhadapan sama layar. Eh, nggak taunya setelah beli malah sering berhadapan sama cahaya matahari :D. Kok malah jadi tanda-tanda ya kan.

    BalasHapus
  6. Ini optik memang langganan ku dik, udha murah, cepat juga keren kualitas nya, mau ganti2 setiap bulan juga oke hehe

    BalasHapus
  7. Pas banget saya punya rencana buat ganti kacamata. Kayaknya bakal ke optik ini nih. Makasi infonya kak.

    BalasHapus
  8. Toss kita Dikaa, kk pun langganan ke sini nih untuk urusan kaca mata, harga terjangkau dan jadinya pun cepat, 2 hari lgsg bisa ambil lg yaa. Optik Thamrin is the best dehh. Btw umminya cantik ya, sama cantiknya sm Dika ^^

    BalasHapus
  9. Murah juga ya kak. Padahal udah model canggih zaman sekarang harganya gak sampai setengah juta. Gak penting merek yang penting manfaatnya ya kak. Ummi pun nyaman udah bisa baca alquran lagi dengan kacamata baru

    BalasHapus